Skip Ribbon Commands
Skip to main content
Daar el-Qolam > Sistem Pendidikan MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam

Sistem Pendidikan MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam

Penyelenggaraan pendidikan formal di Pondok Pesantren Daar el-Qolam adalah satuan yang dikenal dengan Madrasatul Mu'allimîn Al-lslamiyah (MMI), yang telah dimulai sejak tahun 1968 dengan masa studi 6 tahun bagi tamatan SD/MI (untuk program reguler), sementara bagi tamatan SLTP/MTs, awalnya MMI menawarkan masa studi 4 tahun, namun mulai tahun 2010 MMI juga menawarkan masa studi 3 tahun (program intensif).

Pendidikan formal di atas sebagai implementasi dari misi lembaga Pondok Pesantren yang mempersiapkan individu-individu yang unggul dan berkualitas menuju terbentuknya khaira ummah (generasi terbaik) yang dikeluarkan untuk manusia. Di samping itu, sebagai misi khusus adalah mempersiapkan kader-kader ulama dan pemimpin ummat yang mutafaqqih fi al-diin, baik sebagai ilmuwan/akademisi maupun sebagai praktisi dan mampu untuk melaksanakan dakwah.

Pendidikan di MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam diselenggarakan dengan menerapkan sistem kelas berjenjang yang dibagi dalam tahun akademik dan semester. Tahun akademik dibagi 2 (dua) semester yaitu semester gasal dan semester genap yang masing-masing terdiri atas 14 (empat belas) pekan pertemuan. Di antara semester gasal dan genap, MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam menyelenggarakan ujian semester yang tujuan dan pelaksanaannya diatur dengan peraturan Pimpinan MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam.

Jalur Pendidikan

Integrasi sistem pendidikan menjadi ciri khas sistem pendidikan di MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam. Dalam aplikasinya, sistem tersebut berada pada dua jalur, yakni jalur ajar dan jalur asuh.

  1. Jalur ajar (atau Jalur Pengajaran) merujuk pada jalur pendidikan yang memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan tingkat dan kualitas intelektual santri Pondok Pesantren Daar el-Qolam.
  2. Jalur Asuh (atau Jalur Pengasuhan) menitikberatkan pada pengawasan kehidupan santri di lingkungan asrama selama 24-jam sehari, 7 hari sepekan. Agenda dan program yang disediakan oleh Pondok Pesantren Daar el-Qolam ditujukan untuk mengadakan perwalian dan pengasuhan terhadap santri dalam berbagai aspek, mulai dari aspek etika (al-Akhlaq al-Karîmah), aspek kepribadian (personalitas), sikap, dan juga perilaku.

Jalur Pengajaran

Aktualisasi kegiatan yang dikembangkan pada aspek pengajaran, dilakukan dalam bentuk kegiatan-kegiatanIntrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Kedua pola kegiatan tersebut, dilakukan secara terprogram dan dipandu langsung oleh tenaga pengajar yang secara 24 jam tinggal dilingkungan pesantren.

Kegiatan intrakurikuler adalah proses belajar-mengajar yang pada umumnya dilakukan dalam bentuk in-class session program. Secara umum, muatan materi yang diberikan adalah materi pelajaran yang mengkolaborasikan antara kurikulum pesantren, kurikulum Kementerian Agama (Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah) dan Kementerian Pendidikan Nasional (Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas). Dengan masa pendidikan 6 tahun untuk lulusan Sekolah Dasar atau yang sederajat dan 3 tahun untuk lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama atau yang sederajat. Pada jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, terdapat beberapa pilhan in-class session program yaitu:

  1. Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan jurusan IPS dan IPA (tersedia di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2 dan Daar el-Qolam 3);
  2. Madrasah Aliyah dengan jurusan IPS dan IPA (tersedia di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 dan Daar el-Qolam 4);
  3. Madrasah Tsanawiyyah (MTs) (tersedia di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 dan Daar el-Qolam 4);
  4. Sekolah Menengah Pertama (SMP) (tersedia di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2 dan Daar el-Qolam 3).

Berikut adalah kelompok mata pelajaran in-class session program:

  1. Kelompok Mata Pelajaran Keislaman (ad-Dirâsah al-Islâmiyah), yang mencakup Tafsir, Hadits, Fiqh, Ushûl Fiqh, Musthalah al-Hadîts, Mahfûzhât dan Târîkh Islâm (Sejarah Islam).
  2. Kelompok Mata Pelajaran kebahasaan (ad-Dirâsah al-Lughawiyah), yang mencakup Insya', Muthala'ah, Nahwu, Sharaf, dan Tamrîn al-Lughah
  3. Kelompok Mata Pelajaran Umum, yang mencakup Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, dan TIK.

Kegiatan Ekstrakurikuler adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dalam bentuk off-class session. Kegiatan ini berupaya untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat santri dalam berbagai bidang. Sejumlah kegiatan ekstrakurikuler antara lain meliputi pengembangan keterampilan, kepramukaan, seni dan olahraga.

Jalur Pengasuhan

Agenda dan program yang diberikan kepada santri pada aspek pengasuhan dimaksudkan untuk memberikan pembinaan dan pengembangan kepada santri dari aspek afektif (etika) dan psikomotorik (daya dorong untuk maju dan berkembang melalui bakat dan kemampuan santri masing-masing). Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk-bentuk:

  1. Disiplin Ritual `ubudiah;
  2. Disiplin Kehidupan Keseharian;
  3. Pendidikan Manejemen Kepemimpinan;
  4. Pengembangan minat dan bakat.

Jenjang Pendidikan

Pondok Pesantren Daar el-Qolam terdiri atas empat jenjang pendidikan formal (menurut pada Kementrian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional), yakni: Madrasah Tsanawiyah (MTs) Daar el-Qolam; Sekolah Menengah Pertama (SMP) Daar el-Qolam; Madrasah Aliyah (MA) Daar el-Qolam dan Sekolah Menengah Umum (SMU) Daar el-Qolam.

Ada dua jenjang yang bisa ditempuh oleh para santri yang mengikuti pendidikan di Daar el-Qolam:

Pendidikan 6 Tahun

Jenjang 6 tahun (untuk lulusan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah) Adapun para santri yang mengikuti jenjang 6 tahun ini harus melewati pendidikan 6 tahun di pesantren: 3 tahun di pendidikan menengah pertama ditambah 3 tahun di pendidikan menengah atas (MA/SMU). Divisi yang menyediakan layanan pendidikan 6 tahun adalah Daar el-Qolam 1, Daar el-Qolam 2, dan Daar el-Qolam 4.

Pendidikan 3 Tahun

Program pendidikan 3 tahun, dikhususkan untuk santri tamatan Sekolah Mengengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), Program ini menekankan pada kurikulum SMA dengan semangat Pesantren. Divisi yang menyediakan layanan pendidikan tiga tahun adalah Daar el-Qolam 3.

Kurikulum

Pondok Pesantren Daar el-Qolam menyelenggarakan kurikulum yang memadukan Bidang Studi Umum (Kurikulum yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama), dan Bidang Studi Agama (Kurikulum Pesantren) dalam satu sistem yang terpadu. Kurikulum yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam terbagi atas kurikulum intrakurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler.

Kegiatan Intrakurikuler

Kegiatan Santri di Laboratorium BiologiKegiatan intrakurikuler adalah proses belajar-mengajar yang pada umumnya dilakukan dalam bentuk in-class session program, di mana tenaga pengajar terlibat secara langsung dengan sistem klasikal. Secara umum, muatan materi yang diberikan adalah materi pelajaran yang mengkolaborasikan antara kurikulum pesantren, kurikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional. Dengan masa pendidikan 6 tahun untuk lulusan Sekolah Dasar atau yang sederajat dan 3 tahun untuk lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama atau yang sederajat. Pada jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, terdapat beberapa pilihan in-class session program yaitu:

  1. SMA dengan jurusan IPS dan IPA;
  2. Madrasah Aliyah dengan jurusan IPS dan IPA
  3. Madrasah Tsanawiyyah;
  4. Sekolah Menengah Pertama.

Dalam perjalanannya, kurikulum Pondok Pesantren Daar el-Qolam senantiasa mengikuti dan mengadaptasikan diri dengan perkembangan kurikulum nasional, seperti telah dilaksanakannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Kegiatan Kokurikuler

Kegiatan Kokurikuler merupakan kegiatan tambahan santri (muatan lokal) yang wajib diikuti, meski tidak mesti berada di dalam kelas. Berikut ini adalah beberapa kurikulum kokurikuler:

  1. Kegiatan Latihan Pidato dalam Tiga Bahasa–Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia (dinamakan muhâdharah). Khusus untuk kelas akhir, juga diperkenalkan kegiatan latihan presentasi, dan juga kegiatan debating.
     
  2. Kajian kitab-kitab salafiyah, yang biasa dilakukan pagi hari.
    Sebagai lembaga ka'derisasi keulamaan dan kepemimpinan, Pondok Pesantren sejak awal kemunculannya telah menerapkan sistem pengkajian Kitab Kuning (Kutub as-salafiyah) sebagai pembekalan santriwan dan santriwati dalam upaya memperluas wawasan dan kesiapan untuk merespons perkembangan zaman, baik dalam bidang hukum (fiqh), akidah dan perkembangan sekte maupun fenomena sosial baik politik, ekonomi dan sebagainya dalam perspektif Islam.
  3. Pembinaan Pembacaan al-Quran
  4. Amaliyah at-Tadrîs (praktek mengajar) yang dilaksanakan oleh kelas 6 sebagai syarat kelulusan.
  5. Disiplin dalam penggunaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.
  6. Organisasi Santri Intra Sekolah, dalam nama Ikatan Santri Madrasatul Muallimîn al-Islamiyah (ISMI) dengan segala programnya--Kepramukaan, Keputrian, dan ekstrakurikuler sebagai pendidikan dasar kepemimpinan bagi kelas 5 dan kelas 6.
  7. Tahfizhu-'l-Qur'ân (beberapa surat tertentu) sebagai syarat kelulusan pada kelas 6.
  8. Disiplin Hidup
  9. Disiplin dalam melaksanakan ritual `ubudiah mahdhah;

Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan Ekstrakurikuler adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dalam bentuk off-class session, meski juga melibatkan guru ataupun pelatih. Kegiatan ini berupaya untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat santri dalam berbagai bidang. Para santri bisa memilih kegiatan ekstrakurikuler mereka dengan tidak mengesampingkan tugas utamanya yakni belajar dalam kegiatan intrakurikuler dan juga kokurikuler. Berikut ini adalah beberapa kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Daar el-Qolam:

  1. Diskusi dan Penelitian Ilmiah, dalam sebuah organisasi "KIS"–Kelompok Ilmiah Santri
  2. Pengembangan Olahraga, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi sesuai dengan bakat dan minat santri, membentuk perserta didik ang kuat jasmani dan rohani serta menanamkan nilai-nilai sportivitas dalam olah raga yang diselenggarakan di Pondok Pesantren. Beberapa olah raga yang tersedia di Pesantren antara lain:
    1. Sepak Bola
    2. Bola Basket
    3. Sepak Takraw
    4. Badminton
    5. Ping-pong
  3. Pengembangan Seni musik melalui:
    1. Band "DMC – Daar el-Qolam Music Club",
    2. Marching Band Nasyid-Q "Nada Syiar Daar el-Qolam"
      Marching Band Pondok Pesantren Daar el-Qolam
    3. Olah vokal,
    4. Qashidah,
    5. Hadroh, dan
    6. Marawis.
  4. Pengembangan Seni Beladiri
    1. Tapak Suci
    2. Karate
    3. Taekwondo
  5. Tahsînu-Qirâ'ati-'l-Qur'ân melalui Jam`iyyatu-l-Qurra (JMQ)
  6. Tahfîzu-Qirâ'ati-'l-Qur'ân melalui Jam`iyyatu Huffazhi-'l-Qur'ân (JHQ)
  7. Pengembangan jurnalistik dan publikasi
  8. Pengembangan Teater dan Pentas Seni.
  9. Pengembangan Bahasa Asing
    1. Bahasa Arab (`Aynus-syams)
    2. Bahasa Inggris (Propagation English Course, Daar el-Qolam English Community, dan Creative English Course)
  10. Pembinaan skill pada ICT
  11. Robotika melalui RoDA