Skip Ribbon Commands
Skip to main content
Daar el-Qolam > Nilai-nilai Kepesantrenan MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam

Nilai-nilai Kepesantrenan MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam

Kegiatan pendidikan, pengajaran dan pengasuhan yang dilakukan di MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam diarahkan untuk memperkuat nilai-nilai dasar kepesantrenan bagi para santri yang menjadi bagian dari ciri utama pendidikan di Pesantren. Nilai-nilai kepesantrenan ini adalah sebagai berikut:

1. Akhlaq Karimah

Aplikasi pendidikan dan pelajaran di Pondok Pesantren Daar el-Qolam menjadikan al-Akhlaq al-Karimah (budipekerti luhur) sebagai pertimbangan utama dalam menentukan kelayakan santri untuk mencapai jenjang berikutnya termasuk pertimban­gan kelulusan belajar santri. Ini bertujuan agar santri memiliki dan mampu menerapkan tatatan etika atau moral yang diatur oleh agama termasuk kesantunan lahiriah dalam pergaulan an­tar sesama dan lingkungan.

2. Ibadah Amaliyah

Mendisiplinkan santri melaksanakan shalat fardhu berjamaah di masjid dan mushalla serta kewajiban bagi santri kelas akhir untuk mengikuti ujian praktik menjadi imam shalat berjamaah, doa-doa dan amalan-amalan sunah lain­nya. Ibadah amaliah juga menjadi materi yang diujikan pada setiap ujian semester. Dengan tujuan agar santri memiliki kesadaran untuk melaksanakan shalat lima waktu berjamaah, mampu memimpin shalat (menjadi imam) dan mem­praktekan amalan-amalan sunnah.

3. Bacaan al-Quran

Mewajibkan santri membaca al-Qur'an setelah shalat fardhu dan membaca al-Qur'an berkelompok (6 orang) dengan bimbingan satu orang guru setelah salat Maghrib (yang dalam istilah pesantren "sorogan"). Kemampuan santri dalam membaca al-Quran pun menjadi salah satu materi ujian pokok pada setiap semester. Ini bertujuan agar santri mampu membaca al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang terdapat ilmu tajwid.

4. Hafalan Surah al-Quran Pilihan

Pendidikan di MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam mewajibkan santri untuk menghafal surah-surah pilihan selama masa belajar mereka di pesantren. Surat-surat tersebut adalah Juz' `Amma (juz ke-30) Surah al-Mulk, Surah al-Waqi`ah, Surah ar-Rahman, Surah Yasin serta tata cara tahlil (kaifiyah tahlil). Ketuntasan hafalan menjadi syarat mutlak santri untuk dapat mengi­kuti wisuda (haflah takhrij). Nilai ini ditanamkan kepada santri agar santri mampu menghafal surat-surat pilihan dan menerapkannya dalam praktek ibadah sehari-hari baik di dalam pesantren atau di masyarakat.

5. Dedikasi dan Loyalitas

Pendidikan di MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam mendisiplinkan santri dalam kegiatan dan aktivitas selama 24 jam di pesantren, selain tentunya menghormati dan menghargai sistem serta ketaatan terhadap asatidz. Ini bertujuan agar santri mampu mengatur kegiatannya dengan penuh kedisiplinan, ketepatan waktu dan ketaatan.

6. Amanah dan Tanggung Jawab

Pendidikan di MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam menugaskan santri untuk menjadi penjaga asrama, yang dalam bahasa Pesantren familiar dise­but dengan istilah "bulis" atau "haris" dan mengatur roda organisasi santri untuk membantu tugas-tugas guru dalam menegakan disiplin, dan tentu saja mengembangkan minat dan bakat santri. Poin ini memiliki target agar santri mampu menjaga am­anat dan bertanggung jawab terhadap wewenang dan kepercayaan yang diberikan pesantren.

7. Toleransi dan Tenggang Rasa

Pendidikan di MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam menempatkan para santrinya di dalam satu kamar bersama santri yang berasal dari latar be­lakang adat, suku, etnis, atau golongan yang berbeda. Bahkan, kami melakukan rotasi atau perpindahan kamar satu semester sekali secara random. Ini bertujuan supaya santri mampu menghargai, bersikap toleran dan memahami ker­agaman watak, dan adat istiadat santri lainnya.

Persentase Bobot Nilai-nilai Kepesantrenan