• +62
  • [email protected]

    Artikel dan Berita Pondok Pesantren Daar el-Qolam

    Murâja’ah ‘Ammah Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018

    Pelaksanaan Ujian Tengah Semester 2017/2018 Semester 2  - 20180304 091440 600x338 - Murâja’ah ‘Ammah Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018

    Ujian Tengah Semester (Muroja’ah Ammah) merupakan salah satu bentuk ujian yang dilaksanakan oleh sekolah dalam usaha mengetahui hasil proses pembelajaran yang telah dilakukan. Ujian tengah Semester biasanya dilakukan setelah 2 atau 2,5 bulan tahun pelajaran setiap semester. Dalam pelaksanaannya ujian tengah Semester mempunyai tujuan antara lain:

    1.    Memantau penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

    Siswa telah mengikuti beberapa konsep, pokok bahasan pelajaran di semester itu. Bagi guru, ujian ini berfungsi untuk memantau penguasaan siswa terhadap konsep atau pokok bahasan yang sudah dipelajari siswa.

    2.    Motivasi belajar bagi siswa

    Dengan adanya ujian tengah semester, siswa akan selalu belajar dan tidak menumpuk materi pelajaran.  Ujian ini dapat mengurangi kebiasaan siswa belajar dengan pelajaran yang banyak dan materi pelajaran yang banyak pula.

    3.    Menentukan nilai rapor semester

    Ujian tengah semester tak kalah pentingnya dengan ujian-ujian lainnya. Karena ujian tengah semester ikut menentukan hasil akhir pada rapor semester atau rapor kenaikan kelas. 

    Kita dapat melihat ketika pelaksanaan Ujian tengah semester, para santri/siswa tampak sangat tertib. Kelas menjadi penuh dengan para siswa. Ruangan kelas menjadi teduh. Para santri/siswa dan guru-guru menjadi tertib. Siswa lebih serius dan rajin dalam belajar.  Maka nilai ujian Tengah Semester (Muroja’ah Ammah), selain untuk menjaring angka untuk nilai ujian Semester, sebenarnya manfaatnya sungguh penting bagi semua komponen Pesantren demi ketaatan terhadap norma peraturan pesantren.

    Justeru karena sangat penting itulah, maka pesantren masih tetap melaksanakan peraturan adanya Ujian Tengah Semester (Muroja’ah Ammah) bagi para siswa/inya. Meskipun soal-soal Ujian Mid Semester hanyalah berupa soal-soal pertanyaan essay test yang jumlahnya hanya 10 Nomer namun nilainya sangat penting untuk proses kenaikan kelas. Nilai ujian Tengah Semester bukan hanya pada nilai riil yakni angka-angka saja, namun pada nilai-nilai lain yakni nilai yang dimaksudkan ialah ketaatan terhadap norma-norma atau peraturan pesantren. 

    Pelaksanaan  Muroja’ah Ammah Semester 2 Tahun ajaran 2017/2018 Pondok Pesantren Daar el Qolam 2, dilaksanakan mulai tanggal 3 s.d.15 Maret 2018 dengan jadwal mata pelajaran pada setiap kelas yang di ditentukan. Semoga dapat berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang baik pula. 

    Selamat Menempuh Muroja’ah Ammah Semester 2

    Pelaksanaan Ujian Tengah Semester 2 2017/2018  - 20180304 091333 600x338 - Murâja’ah ‘Ammah Semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018
    Tags
    Penulis:

    Seorang guru di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2

    Leave a comment

    %d bloggers like this: