Skip Ribbon Commands
Skip to main content
Daar el-Qolam > Daar el-Qolam 1 > Fitur dan Keunggulan Program Daar el-Qolam 1

Fitur dan Keunggulan Program Daar el-Qolam 1

Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 atau disingkat Darqo 1​ merupakan cikal bakal perkembangan panjang Pondok Pesantren Daar el-Qolam secara keseluruhan. Terletak di Desa Pasir Gintung, Jayanti, Kab. Tangerang, Pesantren ini dipimpin oleh K. H. Nahrul Ilmi Arief, S.Ag sebagai Pemimpin Pondok.

Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 menawarkan Pendidikan Menengah 6 tahun pada tingkat Madrasah Tsanawiyah (Kelas VII, Kelas VIII dan Kelas IX Sekolah Menengah Pertama) dan Madrasah Aliyah (Kelas X, Kelas XI dan Kelas XII Sekolah Menengah Atas) yang menginduk ke Kementerian Agama.

Program Pendidikan dan Pengajaran di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan berakhlak mulia yang menguasai dasar-dasar ilmu agama Islam (Islamic Studies), kemampuan hapalan 2 juz' al-Quran, wawasan yang baik tentang ilmu-ilmu umum, dan beberapa keterampilan dasar di ruang publik.

Standar kompetensi yang diharapkan dari lulusan Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 antara lain:

  1. Memiliki perilaku yang beriman kepada Allah SWT, disiplin dan berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam.
  2. Memenuhi hapalan 2 juz al-Quran.
  3. Memiliki kemampuan dasar penggunaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
  4. Menguasai keterampilan dasar berceramah dan berpidato di depan publik yang baik.
  5. Memiliki keterampilan dasar interpersonal dan kepemimpinan (leadership) yang baik.

Lulusan Daar el-Qolam 1 dengan kekhasannya ini dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang berkaitan dengan keahlian spesifik keagamaan seperti pada fakultas-fakultas Dirasah Islamiyah (Ushûluddin, Syariah, Tarbiyah, Dakwah, dan Adab) di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) seperti UIN, IAIN dan STAIN. Tentu saja, lulusan Daar el-Qolam 1 juga dapat melanjutkan pendidikan tinggi di perguruan tinggi umum lainnya sesuai dengan minat dan kemampuan.