Skip Ribbon Commands
Skip to main content
Daar el-Qolam > Daar el-Qolam 3 > Program Pendidikan Daar el-Qolam 3

Program Pendidikan Daar el-Qolam 3

Program pendidikan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam pada umumnya dan Daar el-Qolam 3 khususnya diarahkan kepada pengembangan aspek kognitif dan non-kognitif santri. Potensi untuk mengembangkan dua aspek di atas memungkinkan terwujud mengingat guru sebagai subjek didik dan santri sebagai objek didik tinggal bersama dalam lingkungan pesantren selama 24 jam dalam kurun waktu 3 sampai 6 tahun. Ditambah dengan dukungan sarana dan fasilitas yang dapat menunjang pengembangan dua aspek tersebut, sistem dapat memantau perkembangan santri baik dari sisi intelektual, emosional dan spiritual.

Salah satu keunggulan dari sistem pendidikan di Daar el-Qolam adalah penekanan terhadap nilai-nilai non-kognitif. Di pesantren ini santri dididik untuk dilatih, dipaksakan dan dibiasakan meregulasi diri, memiliki daya tahan (persistensi), menghadapi tekanan, menunda kenikmatan, tekun menghadapi kejenuhan (rutinitas) dan kemampuan merancang rencana-rencana masa depan.

Nilai-nilai di atas yang kami sebut dengan pesantren values, yang merupakan implementasi dari panca jiwa pesantren (keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah Islamiyah dan kebebasan), juga 4 jalan prinsip menuju manusia unggulan (Ulul Albab) yakni berbudi luhur, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas.

Proses pendidikan dengan nilai-nilai di atas diharapkan melahirkan santri yang memiliki mentalitas pembelajar (learner mentality) dan akhirnya akan menjadi manusia pembelajar (being educated) yang memiliki daya guna besar bagi masyarakat, bangsa dan negara.