• +62
  • [email protected]

    Informasi Pendaftaran Santri Baru Pondok Pesantren Daar el-Qolam

    SEKILAS TENTANG PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM

    Pondok Pesantren Daar el-Qolam berlokasi di Desa Pasir Gintung dan Pangkat Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang Propinsi Banten. Pondok ini didirikan pada tanggal 20 Januari 1968 M/27 Ramadhan 1318 H oleh Drs. K.H. Ahmad Rifa’i Arief atas saran ayahnya H. Qasad Mansyur.

    Karakteristik Pondok Pesantren Daar el-Qolam adalah “Berdiri di atas dan untuk Semua  Golongan“  yang berarti bahwa pondok ini tidak terikat dengan satu aliran tertentu, atau golongan organisasi masyarakat (ormas) sosial tertentu, atau salah-satu partai atau afiliasi politik tertentu.

    Pondok Pesantren Daar el-Qolam mengembangkan sistem pendidikan pondok modern (khalaf). Para santri selain dididik dan diajarkan ilmu pengetahuan agama, juga dibekali ilmu-ilmu pengetahuan umum yang menggunakan sistem dan kurikulum sekolah, selain penanaman disiplin hidup dan disiplin dalam beribadah. Dengan demikian para santri diharapkan mempunyai wawasan dan pengetahuan yang seimbang antara ukhrawi dan duniawi.

    Sepeninggalan Kyai Rifa’i pada 1997, estafet kepemimpinan Pondok Daar el-Qolam dipercayakan kepada Drs. K.H. Ahmad Syahiduddin bersama putra pertama Kyai Rifa’i, K.H. Adrian Mafatihullah Karim, MA dan adik perempuan Kyai Rifa’i, Dra. Hj. Enah Huwaenah. Di bawah tangan K.H. Syahiduddin, efisiensi dan perbaikan manajemen dilakukan dengan cermat dan terukur. Atas segala jerih payahnya, kapasitas institusional baik dari mutu, sarana dan prasarana pendidikan meningkat secara pesat.

    Daar el-Qolam menjelma menjadi sebuah lembaga pendidikan Islam modern dengan format pesantren besar. Daar el-Qolam terus berupaya membangun sistem yang kuat, responsif  dengan dinamika yang terjadi dan perkembangan isu-isu pendidikan nasional dan internasional. Seperti pesan pendiri pesantren ini “Daar el-Qolam tidak boleh terkenal karena kyainya, tapi terkenal karena sistem yang ada di dalamnya”.

    Dewasa ini Pondok Pesantren Daar el-Qolam telah berkembang pesat menaungi 4 (empat) institusi pendidikan yakni Daar elQolam 1 dipimpin oleh KH. Nahrul Ilmi Arief, S.Ag.; Daar el-Qolam 2 dipimpin oleh KH. Drs. Odhy Rosihuddin, M.Pd; Daar el-Qolam 3 Kampus ‘Dza Izza dipimpin oleh al-Ustadz Zahid Purna Wibawa, ST.; dan Daar el-Qolam 4 dipimpin oleh KH. Nahrul Ilmi Arief, S.Ag.

    Secara umum Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1, 2, 3 dan 4 memiliki karakter yang sama yakni mengusung visi dan misi pesantren yang tertuang dalam Panca Jiwa dan Motto Pondok untuk mendidik santri-santrinya yaitu Keikhlasan, Kesederhanaan, Berdikari, Ukhuwah Islamiyah dan Kebebasan serta menanamkan 4 karakter utama yakni Berbudi Luhur, Berbadan Sehat, Berpengetahuan Luas dan Berpikiran Bebas.  Panca Jiwa dan Motto Pondok itu dituangkan dalam bentuk kurikulum yakni disiplin hidup, disiplin dalam beribadah, keterampilan berbahasa Arab dan Inggris, keterampilan hidup dan kepemimpinan.

    INFORMASI PENERIMAAN SANTRI BARU TAHUN AJARAN 2020-2021

    Setiap awal tahun ajaran, Pondok Pesantren Daar el-Qolam menerima santri baru (lulusan SD/MI atau SMP/MTs atau sederajat). Penerimaan santri baru (tamatan SD/MI) Daar el-Qolam 1, 2, dan 4 bertempat di gedung sekretariat pesantren terletak di area Daar el-Qolam 1,2, dan 4. Adapun untuk Daar el-Qolam 3 layanan penerimaan santri baru (tamatan SD/MI dan SMP/MTs) juga dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi situs (psb.daarelqolam3.sch.id).

    Secara resmi pembukaan pendaftaran santri baru dimulai pada hari Senin, 20 Januari 2020 bertepatan dengan Milad Pondok ke 52. Pondok Pesantren Daar el-Qolam juga menerima santri pindahan yang berasal dari lembaga pendidikan yang secara substansial memiliki sistem ajar dan kurikulum yang sama dengan Pondok Pesantren Daar el-Qolam.​ Adapun penerimaan santri pindahan dapat dilakukan pada awal tahun ajaran, yaitu bulan Juni 2020.

    Santri baru lulusan SD/MI akan ditempatkan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1, Daar el-Qolam 2, Daar el-Qolam 3, dan Daar el-Qolam 4, sementara lulusan SMP/MTs akan ditempatkan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3.

    Proses pendaftaran dan tes seleksi santri baru lulusan SD/MI bertempat di kantor sekretariat pusat Pondok Pesantren Daar el-Qolam (berada di kompleks Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1), sedangkan proses pendaftaran dan tes seleksi santri baru lulusan SMP/MTs bertempat di Daar el-Qolam 3.

    UPDATE!

    Pendaftaran Santri Baru untuk Tahun Ajaran 2020-2021 telah dibuka pada Senin, 20 Januari 2020, dan akan ditutup jika kuota pendaftar ulang telah terpenuhi.

    Proses Pendaftaran dan Seleksi

    1. Mendaftarkan diri secara langsung bersama orang tua / wali, dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 400.000,- (empat ratus ribu rupiah)*
    2. Tes Kesehatan
    3. Tes / Seleksi ( Tulis dan Praktek sesuai jadwal )
    4. Berkas yang harus di lengkapi** :
    1. Mengembalikan Formulir data diri yang telah di isi,
    2. Menyerahkan salinan akte kelahiranMenyerahkan salinan Kartu Keluarga,
    3. Menyerahkan salinan KTP orang tua,
    4. Menyerahkan surat keterangan sehat,
    5. Menyerahkan 5 lembar foto Hitam putih berukuran 3×4 (foto berseragam putih dan berjilbab putih bagi perempuan),
    6. Menyerahkan 3 lembar Salinan ijazah yang telah di legalisir (menyusul jika belum didapat dari sekolah asal),
    7. Menyerahkan satu lembar salinan keterangan lulus ujian nasional dan Nomor Induk Siswa Nasioal (NISN) (menyusul jika belum didapat dari sekolah asal).
    • *Pendaftaran calon santri Daar el-Qolam 3 bisa langsung mengakses alamat situs: psb.daarelqolam3.sch.id
    • **Berkas dapat dikumpulkan pada saat kedatangan santri baru pada bulan Juni (untuk calon santri Daar el-Qolam 1,2, & 4 yang dinyatakan lulus seleksi) dan untuk Daar el-Qolam 3 formulir diserahkan berikut berkas tersebut pada saat mendaftar di Sekretariat Daar el-Qolam 3.

    Materi Tes Seleksi

    Calon santri yang telah mendaftar akan mengikuti serangkaian tes seleksi masuk sebagai berikut :

    1. Membaca al-Qur’an (Qirâ’ah al-Qur’ân)
    2. Praktek Shalat
    3. Menulis Arab (Imla’)
    4. Matematika
    5. Bahasa Inggris
    6. Wawancara dan Psikotest

    Tes Seleksi Masuk

    1. Calon santri wajib didampingi oleh orang tua/walinya pada saat mengikuti ujian
    2. Calon santri wajib membawa kuitansi pendaftaran
    3. Calon santri wajib membawa surat atau keterangan hasil cek kesehatan yang meliputi: a). pemeriksaan darah lengkap, b). pemeriksaan Mantoux, dan c). pemeriksaan bebas Narkoba. 
    4. Calon santri wajib mengenakan pakaian yang sopan dan rapi, bercelana panjang bagi putra dan berkerudung bagi putri
    5. Calon santri harus datang untuk mengikuti ujian sesuai dengan waktu dan tanggal yang telah ditentukan
    6. Calon santri diberikan kesempatan 1 kali untuk mengubah jadwal ujian
    7. Calon santri wajib membawa alat tulis pada saat mengikuti ujian
    8. Calon santri yang mengikuti ujian dilarang mencontek, mencoret-coret soal atau membawa soal ke luar ruang ujian
    9. Calon santri dan orang tuanya wajib tunduk terhadap keputusan hasil ujian yang telah ditetapkan oleh panitia
    10. Tes seleksi dimulai pukul 08:00 di Gedung Sekretariat Pondok Pesantren Daar el-Qolam.
    11. Pengarahan Calon Wali Santri dilaksanakan pukul 09:00 di Gedung Sekretariat Pondok Pesantren Daar el-Qolam Lantai 2.

    Waktu Seleksi

    Waktu seleksi dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Ahad di sesuaikan dengan waktu calon santri yang di sepakati oleh panitia seleksi. Khusus untuk pendaftar di Daar el-Qolam 3, jadwal seleksi dilaksanakan sesuai dengan yang tertera di website.

    Wawancara

    Wawancara dilaksanakan mulai pukul 14:00 dengan ketentuan tempat sebagai berikut:

    1. Kualifikasi Daar el-Qolam 1 dilakukan di Gedung Sekretariat Lantai 3.
    2. Kualifikasi Daar el-Qolam 2 di ruang Perpustakaan Daar el-Qolam 2.
    3. Kualifikasi Daar el-Qolam 4 di ruang Kantor Bagian Pengajaran Daar el-Qolam 4.

    Hasil Seleksi

    Adapun hasil seleksi diumumkan pada hari yang sama setelah tes dilaksanakan. Khusus untuk pendaftar di Daar el-Qolam 3, pengumuman hasil seleksi diumumkan melalui situs (psb.daarelqolam3.sch.id)

    Pendaftaran Ulang

    1. Calon santri yang dinyatakan lulus wajib mendaftar ulang selambat-lambatnya 2 pekan setelah dinyatakan lulus dan melunasi biaya santri baru selambat-lambatnya 2 pekan setelah dinyatakan lulus
    2. Calon santri yang dinyatakan lulus namun tidak mendaftar ulang dinyatakan mengundurkan diri
    3. Pembayaran daftar ulang atau pelunasan biaya santri baru dapat dilakukan secara langsung atau transfer dengan mengikuti panduan dan arahan yang ditetapkan oleh panitia
    4. Biaya administrasi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali jika santri sudah tinggal di dalam asrama pesantren.
    5. Pendaftaran Ulang dilakukan di Ruang Bendahara Panitia Santri Baru.

    Perlengkapan

    Calon santri wajib membeli perlengkapan di MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam, sebagai berikut:
    1. Lemari (dapat dibeli di Pesantren untuk keseragaman ukuran dan bentuk)
    2. Kasur ukuran 180×70 cm (dapat dibeli di Pesantren atau di luar Pesantren/dibawa dari rumah)
    3. Seragam (dapat dibeli di Pesantren atau di luar Pesantren/dibawa dari rumah mengikuti ketentuan pesantren)
    4. Buku pelajaran untuk 2 semester awal (dapat dibeli di Pesantren). Buku tulis disiapkan oleh masing-masing calon santri.
    5. Seragam olah raga (dibeli di pesantren)
    6. Seprei (dibeli di pesantren)
    7. Sepatu kulit warna hitam (pantopel) dan kaus kaki warna putih untuk calon santri perempuan dan sepatu kulit warna hitam serta kaus kaki warna hitam untuk calon santri putra (dapat dibeli di Pesantren/dibawa dari rumah).
    8. Tas sandal (dibeli di pesantren)

    Kedatangan Santri (Masuk Asrama)

    1. Calon santri dinyatakan berhak mendapatkan kamar dan kelas jika:
      a. Telah melunasi biaya administrasi santri baru
      b. Telah membeli lemari dan kasur
      c. Membawa kebutuhan-kebutuhan harian seperti pakaian, peralatan makan, mandi dll. (lihat ceklist yang disediakan panitia)
    2. Calon santri wajib mengikuti ketentuan kamar (posisi tempat tidur) dan kelas yang telah ditetapkan oleh pihak pesantren
    3. Calon santri wajib mengkonfirmasi jika tidak dapat hadir pada waktu yang telah ditentukan.

    Mengapa tidak ada pendaftaran secara daring/online?

    Pengasuh Pesantren Daar el-Qolam memiliki kebijakan yang menghendaki para calon santri mengenal suasana MMI Pondok Pesantren Daar el-Qolam secara langsung, bukan melalui media lainnya (sosial media ataupun situs Web ini). Oleh karena itu, kami belum mengizinkan adanya pendaftaran secara daring/online.

    Apakah pembayaran uang pangkal bisa dicicil?

    Setelah calon santri dinyatakan lulus tes masuk Pondok Pesantren Daar el-Qolam, pembayaran sebaiknya dilakukan selambatnya 10 hari. Khusus untuk Biaya Pembangunan, bisa dicicil sampai ketika calon santri baru mendaftar ulang dan menempati asrama.

    Bagaimana bila telah dinyatakan lulus seleksi, namun saya memilih sekolah/pesantren lain?

    Kecuali biaya pendaftaran (Rp. 400.000,-), biaya yang Anda telah keluarkan akan dikembalikan.

    Hal-hal lain yang belum jelas dapat ditanyakan langsung ke Panitia Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren Daar el-Qolam Tahun Ajaran 2020-2021, baik secara langsung di Kantor Penerimaan Santri Baru maupun melalui nomor kontak telepon berikut:

    1. Panitia Penerimaan Santri Baru DQ 1,2, & 4 : +6287809261846
    2. Panitia Penerimaan Santri Baru DQ 3 : (021) 59574680, 085220658589, 085930272555 
    %d bloggers like this: