• +62
  • [email protected]

    Artikel dan Berita Pondok Pesantren Daar el-Qolam

    Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Pesantren

    Dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, jumlah konsumsi BBM Indonesia lebih tinggi dibandingkan jumlah produksinya. Automotive Diesel Oil Indonesia menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 10-15 tahun mendatang diprediksi cadangan minyak Indonesia akan habis. Saat ini Indonesia merupakan Negara pengimpor BBM dengan total BBM yang diimpor per harinya mencapai 300.000 barrel. Sehingga dengan harga BBM mencapai USD 70/barrel artinya Negara harus mengeluarkan uang untuk mengimpor BBM sekitar USD 21.000.000 per hari (Rp200 milyar per hari). Akibat dari pencabutan subsidi BBM oleh pemerintah menimbulkan dampak kenaikan harga BBM, kelangkaan BBM serta terjadi pula kenaikan harga kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

    Penelitian-penelitian tentang biodiesel yang berasal dari tanaman jarak pagar telah banyak dilakukan dan dipatenkan terutama mengenai pembibitan. Pemulyaan tanaman dan seleksi telah dilakukan untuk mendapatkan bibit unggul. Pada penelitian ini penulis akan mencoba mengajukan usul penelitian “uji coba produksi jarak pagar (Jatropha curcas Linn.) bibit unggul dan pengaruhnya terhadap santri pesantren Daar el-Qolam di kabupaten Tangerang”.

    Kebun pohon jarak yang ada di depan Pesantren Daar el-Qolam  - art0001 - Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Pesantren
    Kebun pohon jarak yang ada di depan Pesantren Daar el-Qolam

    Penelitian tentang uji coba produksi jarak pagar (Jatropha curcas Linn.) bibit unggul dan pengaruhnya terhadap santri pesantren sangat penting dilakukan karena sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam dan khususnya di daerah, Ustadz dan ustazah merupakan panutan masyarakat, jadi untuk sosialisasi produksi jarak pagar ini akan lebih cepat berjalan bila melalui pesantren-pesantren dan juga dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para santri untuk persiapan setelah lulus sehingga dapat menjadi santri yang mandiri.

    Hasil penelitian ini diharapkan bermanfat dan berguna untuk :

    1. Pengembangan ilmu, hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna tentang:
      a) produksi jarak pagar bibit unggul dan pengaruhnya terhadap pendapatan santri Daar El-Qolam.
      b) pengaruh produksi jarak pagar terhadap keterampilan santri Daar El-Qolam.
      c) pengaruh uji coba produksi jarak pagar terhadap pendapatan masyarakat di sekitar pesantren Daar El-Qolam,
      d) Kesesuaian lahan untuk tanaman jarak pagar di Pesantren Daar El-Qolam.
    2. Sebagai bahan telaahan dalam perumusan kebijakan baik di tingkat pusat maupun daerah masalah bio energi, sosialisasi, pengembangan dan pembinaan masyarakat tentang sumber bio energi dari jarak pagar khususnya melalui pesantren.
    3. Dari segi ilmiah hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan memperkaya literatur dalam rangka penelitian lanjutan dan atau penelitian sejenis yang dapat memperluas khasanah penelitian agribisnis tentang sumber bio energi dari jarak pagar serta pengaruhnya terhadap pendapatan santri, ketrampilan santri dan pendapatan masyarakat disekitar pesantren (Daar El Qolam) serta masyarakat Indonesia pada umumnya.

    Jump to section
    • Dr. Elpawati,Ir.MP.
    • Drs. M. Tabah Rosyadi, MA.
    • Muttaqien Mafaza, SPd.
    Jump to section
    Penulis:

    Seorang guru di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2

    Leave a comment

    %d bloggers like this: