• +62
  • [email protected]

    Artikel dan Berita Pondok Pesantren Daar el-Qolam

    Yakin, Masih Makan dan Minum Sambil Berdiri?

    Kalau orang tua sering bilang makan dan minum jangan sambil berdiri itu sebaiknya dituruti.

    Walaupun kadang-kadang karena keadaan, kita mau tak mau makan dan minum sambil berdiri seperti saat menghadiri pesta atau saat terburu-buru. Tapi kalau bisa, mulai sekarang hindari makan dan minum sambil berdiri.

    Pasalnya selain lebih sopan dan nyaman, itu juga berpengaruh pada kesehatan.

    Memang posisi paling aman ketika sedang minum adalah saat kita sedang duduk. Ketika duduk, saraf-sarat tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima air yang masuk dari berbagai jenis minuman yang berbeda.

    Ini dia beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi kalau kita minum sambil berdiri.

    Sakit Perut

    Ketika kita minum sambil berdiri, maka tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut yang bisa mempersulit makanan untuk digiling hancur dengan lancar pada jaringan pencernaan. Kondisi ini mudah banget menyebabkan rasa nyeri di bagian perut.

    Memicu Arthritis

    Penyakit arthritis bisa terjadi karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi. Ini bisa memicu peradangan pada sendi.

    Selain terjadi peradangan, arthritis menyebabkan kaku sehingga bisa terjadi pembengkakan di bagian sendi. Penyakit pada sendi seperti arthritis bisa mempersulit penderitanya untuk bergerak bebas.

    Asam Lambung

    Lambung adalah bagian tubuh yang paling terkena dampaknya saat kita sering minum pada posisi berdiri.

    GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang biasa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung.

    Akibatnya asam dalam lambung tercampur naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas di bagian perut.

    Minum sambil berdiri juga mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam perencanaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung bisa berbahaya bagi sistem pencernaan lainnya.

    Ginjal Terganggu

    Selain lambung, ginjal juga akan ikutan terganggu. Apa lagi ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring.

    Minum sambil berdiri akan menyebabkan penyaringan nggak sempurna sehingga merusak fungsi ginjal dalam bekerja. Ini akan mengarah pada gangguan saluran kandung kemih.

    Tegang Pada Saraf

    Dampak lainnya saat minum sambil berdiri yaitu tegangnya urat saraf.

    Saat kita berdiri, sistem urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan.

    Namun kalau kita minum saat duduk bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang menegaskan pikiran dan meringankan proses pencernaan.

    Minum air tentu baik untuk kesehatan tubuh kita, tapi pada prosesnya sebaiknya dilakukan dengan kebiasaan yang baik juga supaya terhindar dari segala penyakit. (Al Sobry)

    Dikutip dari :

    https://www.msn.com/id-id/kesehatan/health-news/stop-kebiasan-minum-air-sambil-berdiri-ini-dampaknya-bagi-tubuh/ar-BBUw2qY?li=AAfukE3&ocid=wispr

    Tags

    Leave a comment

    %d bloggers like this: