• +62
  • [email protected]

    Artikel dan Berita Pondok Pesantren Daar el-Qolam

    Santri Daar el-Qolam 2 Raih Prestasi di OPSI 2019 Provinsi Banten

    - OPSI 2019 6 - Santri Daar el-Qolam 2 Raih Prestasi di OPSI 2019 Provinsi Banten
    Sumber: Dokumentasi Pembimbing OPSI 2019

    Kabar gembira datang dari event Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2019 bagi seluruh penghuni Pondok Pesantren Daar el-Qolam, khususnya Daar el-Qolam 2 Program Excellent Class.

    Dalam rangka membangun manusia yang unggul, maka pada tanggal 19 s.d. 22 Agustus 2019 Dinas Pendidikan Provinsi Banten telah menyelenggarakan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2019 di Hotel Marbella Anyer, Cilegon-Banten.

    Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah bagi para peserta didik tingkat SMA/MA untuk mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan meneliti yang berinovasi. Untuk itu, lomba ini bisa diikuti oleh kalangan peserta pelajar tingkat menengah se-Banten dengan berbagai bidang;

    1. Bidang Fisika Terapan dan Rekayasa
    2. Bidang Matematika Sains Teknologi
    3. Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora.

     

    - OPSI 2019 1 - Santri Daar el-Qolam 2 Raih Prestasi di OPSI 2019 Provinsi Banten
    Tim Pertama yang meraih Juara 3 Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora. Sumber: Dokumentasi Pembimbing OPSI 2019

    Dalam kegiatan ini, tercatat 36 Tim dari berbagai kalangan sekolah se-Banten. Salah satunya dari SMAS Daar el-Qolam untuk mewakili Kabupaten Tangerang dalam mendelegasikan peserta OPSI 2019 sebanyak 2 tim. Pertama, Eka Aulia (6 IPS B) dan M. Yusuf Firmsyah (6 IPA A) dengan judul “Pamali dalam Kehidupan Masyarakat Kampung Sempu Desa Mangkunegara Kecamatan Bojonegara Serang Banten (Kajian Semiotik Etnografi)”. Kedua, Adella Kusuma (6 IPA B) dan Shafa Intani Anafa (6 IPA A) dengan judul “Plastik sebagai Bahan Pengganti Minyak Bumi”.

    - OPSI 2019 2 - Santri Daar el-Qolam 2 Raih Prestasi di OPSI 2019 Provinsi Banten
    Tim KeduaSumber: Dokumentasi Pembimbing OPSI 2019

    Dalam proses kompetisi OPSI 2019, masing-masing tim saling bersaing beradu gagasan demi meraih juara 1-3 per bidangnya. Hingga akhir kegiatan, pengumuman kabar bahagia pun nampaknya telah menyelimuti tim SMAS Daar el-Qolam, yaitu tim atas nama Eka Aulia dan Yusuf Firmansyah yang mengangkat ikon “Pamali” sebagai judul dalam penelitiannya, tak disangka dapat menghantarkan mereka dalam meraih Juara 3. Ungkapan rasa syukur pun tak terbantahkan dari keluarga besar Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2.

    - OPSI 2019 5 - Santri Daar el-Qolam 2 Raih Prestasi di OPSI 2019 Provinsi Banten
    Sumber: Dokumentasi Pembimbing OPSI 2019

    Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dalam kegiatan ini. Semoga prestasi tak mengubah kita menjadi puas hati, jadikan hal ini untuk tetap semangat dan lebih giat lagi dalam belajar demi menjadikan manusia yang lebih unggul sehingga kedepannya nanti akan menjadi Peneliti Muda sebagai solusi bangsa. Karena kita masih percaya, bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil.

    Berikut adalah beberapa dokumentasi foto dan video terkait event OPSI 2019 Provinsi Banten,

    This slideshow requires JavaScript.

     

    Ditulis oleh Al-Ustadz M. Syahril Romdhon, Guru Bahasa Indonesia Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2.

    Disunting oleh Bagian Publikasi Website Daar el-Qolam 2 (red/firmansyah)

    Leave a comment

    %d bloggers like this: