• +62
  • [email protected]

    Artikel dan Berita Pondok Pesantren Daar el-Qolam

    Menimba Inspirasi dari Para Alumni di Acara “Career Day 2020, Berani Gapai Mimpi”

    Ahad, 9 Februari 2020, ada pemandangan sedikit berbeda dari biasanya di Gedung Serba Guna Raudhatul ‘Irfan Daar el-Qolam 2. Sebuah banner besar bertuliskan ‘Career Day 2020‘ dengan slogan ‘Berani Gapai Mimpi‘ tampak menghiasi latar panggung gedung pertemuan tersebut.

    Nyatanya hari itu memang telah dijadwalkan sebagai hari dilaksanakannya kegiatan yang khusus diikuti oleh santriwan dan santriwati kelas akhir (Nihai) Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2 dan 4 bertajuk Career Day 2020. Acara spesial ini berhasil diselenggarakan atas inisiasi dan eksekusi program dari Majelis Pembimbing Kelas Akhir dan para Asatidz Alumni Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2  mulai dari angkatan pertama (tahun 2008) hingga alumni angkatan tahun 2019 yang merupakan angkatan ke-12 Daar el-Qolam 2.

    Seperti yang diharapkan oleh semua orang, menjadi seorang profesional adalah impian yang perlu dipupuk dan digali sejak dini. Kelas karier sebagai salah satu dari rangkaian program pembinaan kelas akhir merupakan wadah bagi santriwan dan santriwati kelas akhir di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 2 untuk bertemu langsung dan menimba ilmu, inspirasi, dan pengalaman dari para profesional di bidangnya masing-masing. Agar lebih realistis dan memotivasi, para profesional yang diundang sebagai pengisi acara dan narasumber pun berasal dari kalangan alumni Daar el-Qolam 2.

    Maka dari itu, tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan informasi kepada santriwan dan santriwati kelas akhir tentang bagaimana jalan panjang yang harus ditempuh untuk menjadi (how to be) seorang profesional, apa kewajiban dan tanggung jawab yang dipikul sebagai seorang profesional, risiko dan tantangan profesi/pekerjaan yang dihadapi, serta bagaimana bertahan di profesi yang dipilihnya (how to survive). Hal ini pula yang disampaikan oleh Pemimpin Pesantren Daar el-Qolam 2, Drs. KH. Odhy Rosikhuddin, M,Pd saat memberikan wejangan sekaligus membuka acara Career Day 2020 pada hari Minggu lalu.

    Hardy Agusman, Alumni Angkatan 3 Daar el-Qolam 2, Koordinator Dakwah Internasional Dompet Dhuafa saat memberikan kuliah umum.

    Acara yang membuat santri kelas akhir sangat antusias ini pun dibagi ke dalam beberapa sesi dan kelas karier atau kelompok sesuai dengan bidang yang diminati. Setelah sesi pembukaan yang dibuka secara langsung oleh Pemimpin Pesantren, acara berlanjut pada sesi Kuliah Umum dan Sharing Motivasi yang diisi oleh 2 orang alumni Daar el-Qolam 2 secara bergantian, yaitu Hardy Agusman dan Ichwan Muttaqien. Hardy Agusman sendiri kini berkarier sebagai Koordinator Dakwah Internasional di Corps Dai Dompet Dhuafa (CORDOFA). Sedangkan Ichwan Muttaqien fokus menekuni bidang Entrepreneurship.

    Abdul Kaafi, Angkatan 5 Daar el-Qolam 2, Artis Da’i (AKSI Indosiar 2016, Islam Itu Indah Trans TV, dll) saat mengisi Career Day 2020 bidang kelas Kyai dan Dakwah.

    Selanjutnya, 2 jam menjelang zuhur acara dilanjutkan dengan sesi Kelas Karier. Dalam praktiknya, pada sesi ini para santri kelas akhir dibagi ke dalam berbagai kelompok kelas karier sesuai dengan bidang yang diminatinya. Pada Career Day 2020 ini dibuka berbagai kelas karier dengan menghadirkan narasumber dari para alumni yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, di antaranya: a) Kelas Kyai dan Dakwah, b) Kelas Kedokteran, c) Kelas Bisnis dan Wirausaha, d) Kelas Guru dan Kependidikan, e) Kelas Birokrat dan Pemerintahan, f) Kelas Teknik, dan beberapa kelas lainnya yang kemudian dibatalkan karena ketidakmampuan narasumber untuk hadir dan mengisi acara Career Day 2020 ini, disebabkan satu dan lain hal.

    Beberapa kelompok kegiatan Kelas Karier dalam Career Day 2020 yang disebar ke beberapa ruangan kelas.

    Para alumni lainnya yang bertindak sebagai pengisi acara dalam kelompok Kelas Karier antara lain: Abdul Kaafi, Angkatan 5 (Kelas Kyai dan Dakwah), Mazkuroh Ulfah, Angkatan 2 (Kelas Kedokteran), Qomi Uthugyan, Angkatan 2 (Kelas Bisnis dan Wirausaha), Hilwah Hilmiyah, Angkatan 4 (Kelas Guru dan Kependidikan), Dede Kurniawan, Angkatan 1 (Kelas Birokrat dan Pemerintahan), dan Zaky Al-Qodri, Angkatan 6 (Kelas Teknik). Masing-masing dari alumni menyampaikan materi yang disampaikan terkait dengan passion yang digeluti dan bidang yang ditekuni saat ini.

    Pemberian cendera mata dan kenang-kenangan kepada para alumni pengisi acara Career Day 2020.

    Tidak cukup sampai di situ, acara Career Day 2020 masih berlanjut dengan Sharing Session Bersama Mahasiswa. Beberapa alumni Daar el-Qolam 2 yang masih aktif sebagai mahasiswa di universitas-universitas pun diminta kesediaannya untuk mengisi acara, beberapa di antaranya adalah Restu Mujijoyo (Angkatan 8), Muhammad Rizki Nugraha (Angkatan 9), Bintang Paningit (Angkatan 10), dan kawan-kawan lainnya.

    Pada sesi ini, para alumni diberikan kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman saat menjalani kehidupan sebagai mahasiswa setelah selesai menuntut ilmu di almamater Pondok Pesantren Daar el-Qolam. Di sisi lain, santriwan dan santriwati kelas akhir pun mendapatkan kesempatan untuk bertanya seputar informasi mengenai seluk beluk dunia kampus, mulai dari tahap awal masuk universitas, organisasi mahasiswa, beasiswa, dan lain sebagainya.

    Menjelang salat Ashar, acara pun diakhiri dengan Penutupan yang diwakili secara langsung oleh Wakil Pemimpin Pesantren, Al-Ustadz Ahmad Reza Zaky Aulia, S.Pd.I yang berharap tentunya dengan acara Career Day 2020 ini, semua santriwan dan santriwati kelas akhir mampu mengambil manfaat dari inspirasi dan pengalaman yang dibagikan oleh para alumni, sehingga menjadikan para santri lebih siap dalam menghadapi tantangan setelah lulus dari Almamater tercinta serta mampu menjadi alumni yang berkarier secara profesional dalam bidang masing-masing. Semoga. Aamiin.  (red/firmansyah)

     

    Ditulis oleh Bagian Publikasi Daar el-Qolam 2.

    Sumber Foto: Panitia Career Day 2020.

    Leave a comment

    %d bloggers like this: