• +62
  • [email protected]

    Artikel dan Berita Pondok Pesantren Daar el-Qolam

    Diiringi Rinai Hujan, Penobatan Juara Kelas, Bintang Pelajar, dan Bintang Santri Semester 1 TA 2019-2020 Berjalan Khidmat dan Penuh Suka Cita

    Juara-Juara Kelas Daar el-Qolam 2 Bersama Pemimpin Pesantren

    Di saat masyarakat Indonesia secara umum merayakan hari libur nasional dalam rangka Akhir Tahun dan Tahun Baru Masehi 2020 dengan berbagai kegiatan liburan dan berkumpul bersama keluarga, Pondok Pesantren Daar el-Qolam justru tampil berbeda dengan penuh semangat dan rasa bangga telah memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk Semester Kedua Tahun Ajaran 2019-2020, bahkan sejak pertengahan atau memasuki minggu ketiga bulan Desember 2019.

    Setelah KBM Semester 2 berjalan sekitar 2 minggu, akhirnya momen yang ditunggu-tunggu oleh santri Daar el-Qolam pasca liburan semester 1 pun tiba, yaitu momentum pembagian raport atau laporan hasil belajar sekaligus menyaksikan penobatan santri-santri berprestasi selama semester 1 pada tahun ajaran ini. Tepatnya, pada pagi hari Rabu, 1 Januari 2020, prosesi acara pun dimulai, diiringi rinai hujan yang sejak seminggu terakhir memang sudah menghiasi hari-hari. 

    Juara-Juara Kelas Daar el-Qolam 1 Bersama Pengasuh Pesantren

    Ada yang sedikit berbeda pada acara prosesi penobatan santri-santri berprestasi kali ini. Selain karena momentum perkumpulan penobatan santri-santri berprestasi ini dilakukan secara serentak oleh masing-masing Daar el-Qolam (DQ 1,2,3, dan 4), adanya istilah dan bentuk penghargaan baru yang disematkan kepada santri berprestasi juga turut membuat acara penobatan kali ini kian berkesan dan menjadi surprise tersendiri bagi seluruh santri. Penghargaan ini pun nantinya akan diterapkan untuk semester-semester selanjutnya. Insha Allah.

    Juara-Juara Kelas Daar el-Qolam 3 Bersama Pemimpin Pesantren

    Istilah penghargaan baru tersebut ialah Bintang Santri, diberikan masing-masing kepada perwakilan santri putra dan santri putri yang berprestasi karena meraih nilai tertinggi di antara seluruh santri pada semester 1 kemarin dan berdasarkan hasil musyawarah para dewan asatidz. Penghargaan tersebut merupakan yang tertinggi setelah Juara Kelas dan Bintang Pelajar.

    Juara Kelas beserta Juara-Juara Harapannya adalah bentuk apresiasi yang diberikan kepada santri berprestasi pada tiap-tiap angkatan, contoh Kelas 1, 2, atau 3 untuk Tingkat SMP/MTs, dan Kelas 4, 5, atau 6 untuk Tingkat SMA/MA. Sedangkan Bintang Pelajar adalah apresiasi yang diberikan kepada santri berprestasi perwakilan putra-putri yang memiliki nilai tertinggi pada Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA, artinya Bintang Pelajar Tingkat SMP/MTs bisa saja berasal dari santri kelas 1, 2, atau pun kelas 3. Begitu pun pada Tingkat SMA, Bintang Pelajar bisa saja berasal dari santri kelas 4, 5, atau pun kelas 6.

    M. Raihan Ramadhan dan Sherly Salsabila sebagai Bintang Santri Semester 1 TA 2019-2020 Daar el-Qolam 2

    Suasana hujan di pagi hari yang mengiringi acara bergengsi di kalangan santri ini, justru semakin membuat acara menjadi lebih khidmat dan penuh suka cita. Terlebih, dengan meriahnya tepuk tangan dan sorak-sorai dari para santri yang menggema ke seluruh sudut gedung pertemuan. Bagi santri-santri berprestasi yang namanya disebut untuk maju ke depan atau naik ke atas panggung, pemandangan dan suasana gegap-gempita tersebut tentu menambah perasaan haru dan bahagia.

    Setelah sesi penobatan dan pemberian hadiah selesai dilakukan, acara dilanjutkan dengan wejangan dan tausiyah yang disampaikan oleh Pengasuh dan Pemimpin Pesantren di masing-masing Daar el-Qolam. Untuk Daar el-Qolam 1 disampaikan oleh Pengasuh Pesantren al-Ustadz Drs. KH. Ahmad Syahiduddin, Daar el-Qolam 2 disampaikan oleh al-Ustadz Drs. KH. Odhy Rosikhuddin, Daar el-Qolam 3 disampaikan oleh al-Ustadz Kiai Zahid Purna Wibawa, dan Daar el-Qolam 4 disampaikan oleh al-Ustadz KH. Nahrul Ilmi Arief.

    Pengasuh Pesantren Drs. KH. Ahmad Syahiduddin saat memberikan wejangan dan tausiyah pada acara penobatan Bintang Pelajar dan Bintang Santri di Daar el-Qolam 1.

    Semoga sinar prestasi santri Daar el-Qolam tidak pernah redup, bahkan semakin memancarkan sinarnya dan menjadi lentera ke mana pun kaki melangkah. Aamiin. (red/firmansyah)

     

    Ditulis oleh Bagian Publikasi Daar el-Qolam 2.

    Sumber Foto: Bagian Dokumentasi Daar el-Qolam 1,2, dan 3.

    Leave a comment

    %d bloggers like this: